Kamis, 24 April 2014

Team Work - Makes the Dream work.


:: 10 Hari Ngeblog ::

Bismillah...


Seperti yg kita ketahui, Allah menciptakan manusia tidak sendiri di dunia ini, dan semua yg diciptakan oleh Allah pasti ada maksud dan tujuannya...tidak ada yg sia-sia, diri sendirilah yg bisa membuat hidup ini menjadi penuh manfaat atau penuh dg kesia-siaan. Semua tergantung pada pilihan hidup yg akan kita jalani mau seperti apa, mau baik penuh manfaat dan berkah, atau buruk dan seenaknya sendiri aja? Memang hasil akhir Allah yg menentukan, tapi kita harus yakin apapun hasil yg diberikan Allah pada diri kita adalah yg terbaik buat kita, kewajiban kita hanya bekerja atau menjalani prosesnya dg sebaik-baiknya bahkan yg terbaik yg bisa kita lakukan.


Dan didalam agama Islam pun diajarkan utk bekerjasama dalam kebaikan, baik dalam usaha mencari nafkah, maupun dalam hidup bermasyarakat.

Allah berfirman:

"Bekerjasamalah kalian dalam kebajikan dan taqwa, dan janganlah kalian bekerjasama dalam hal dosa dan persengketaan." (QS. Al-Maidah :2)

Kerjasama bisa dilakukan dg 2 orang atau lebih, dan saat ini kerjasama banyak dilakukan dalam kelompok atau tim biasa disebut "Team Work".
Team work merupakan bentuk kerja kelompok dengan ketrampilan yang saling melengkapi serta berkomitmen untuk mencapai target yang sudah disepakati bersama sebelumnya untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien. Harus disadari bahwa team work merupakan peleburan berbagai pribadi yang menjadi satu pribadi untuk mencapai tujua bersama. Tujuan tersebut bukanlah tujuan pribadi, bukan pula tujuan ketua tim, atau tujuan pribadi yg paling populer dalam tim.

Filosofi team work: saya mengerjakan apa yg anda tidak bisa dan anda mengerjakan apa yg saya tidak bisa. Inilah yg dimaksud dg kerja tim, beban dibagi untuk satu tujuan bersama. Saling mendukung dan mengerti satu sama lain adalah kunci kesuksesan dari team work. Dalam sebuah tim dibutuhkan kemauan untuk saling bergandengan tangan untuk menyelesaikan pekerjaan. Bahkan bila terjadi perselisihan antar pribadi, harus disingkirkan atau diselesaikan terlebih dahulu, karena akan mengganggu kelancaran suatu tim. Penting untuk disadari bahwa kebersamaan sebagai anggota tim adalah yg utama.

Team work merupakan sarana yg sangat baik dalam menggabungkan berbagai keahlian dan talenta serta dapat memberikan solusi inovatif yg terbaik, selain itu pengetahuan dan beragam kemampuan yg dimiliki oleh masing-masing individu dalam tim merupakan nilai tambah yg membuat team work lebih menguntungkan dibandingkan seorang individu yg cerdas sekalipun. Sekelompok tim yg efektif bukanlah terdiri dari sekumpulan orang dengan gaya, sikap, dan cara kerja yg sama, melainkan terdiri dari orang-orang yg ditempatkan pada posisi yg benar-benar sesuai dg kompetensinya.

Ada hal-hal berharga yg didapat dari bekerja bersama dalam tim selain mencapai tujuan dan kesuksesan dg lebih efektif dan efisien, yaitu:

1. Kontak mata, yang dapat menimbulkan energi untuk bekerjasama seperti memiliki kedekatan antar anggota sehingga akan berkerja dg lebih nyaman.

2. Senyum, yang dapat mencairkan suasana sehingga membuat antar anggota mempunyai mood yg baik untuk bekerja.

3. Memberi salam, yang dapat menunjukkan sikap rendah hati sehingga tidak ada perasaan "atasan dan bawahan"

4. Semangat, yang dapat saling menularkan semangatnya dan berbagai hal positif lainnya.

Itulah mengapa saat ini juga menjamur pelaku usaha network marketing yg mengutamakan kerja tim, karena hasil yg didapatkan dg bekerja tim lebih besar dan lebih efektif. Team work bukan saja dibutuhkan dalam dunia kerja atau usaha, dalam keseharian pun bisa kita terapkan, contohnya pada anak-anak kita di rumah. Mulailah mengajari mereka sedini mungkin untuk bekerja bersama-sama dalam menyelesaikan kegiatan-kegiatan di rumah yg bisa dikerjakan bersama...tentu hal ini akan lebih menyenangkan dan memotivasi mereka. Contoh sederhana dalam membersihkan tempat tidur, membereskan mainan, menata buku-buku bacaan dilemari dg rapi. Anak-anak akan lebih semangat apabila  melakukannya bersama-sama, yg kecil membereskan mainan yg ringan sedangkan yg besar bisa membereskan mainan yg lebih besar dan berat. Demikian pula penerapan di dalam hidup bertetangga, bisa diterapkan pada saat adanya hajatan atau musibah, dengan bekerja dalam tim dan membagi-bagi tugas sesuai dg kemampuannya maka pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan dengan hasil yg lebih memuaskan. Dalam rumah tangga pun demikian juga, suami istri akan lebih ringan dan lebih bisa mencapai impian mereka dg bekerja bersama sesuai dengan kemampuan dan kewajibannya, saling menolong, saling mendukung dan saling menyemangati dengan penuh kasih sayang....eehhmm....indahnyaaa kebersamaan....

Semoga tulisan pendek ini bermanfaat buatku dan siapapun yg membacanya ...aamiin...


(Sumber: Al-Quran, makalah team work - oleh: Safira, dan pikiran Tyra J)


10 komentar:

  1. Balasan
    1. tengkiuu adikku sayang....duh jadi maluw ...sembunyi dimana yah enaknya xixixi

      Hapus
  2. Dimana-mana Teamwork ya Mba, Supeerrrrr :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya mbak....udah mulai bingung...jadi semua ajah dlm pikiran bisa dibuat jadi teamwork....hahhahaha

      Hapus
  3. Wuih bener banget ya mba' tyra, team work itu bisa dimana saja dan kapan saja. Mantap :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha mba Lindaaa....ini sependek pengetahuanku mbaak....haha...tengkiuu

      Hapus
  4. yuppp dengan saling mengisi kekurangan akan terjalin sebuah teamwork yang solid

    BalasHapus
  5. wedew keren amat ini ulasan tentang team work nya... two thumbs up mba. Thanks for sharing

    BalasHapus

Tengkiuu yaa udah kasih komentar.... *salim* :)